5 Kekurangan Apple iPhone Vs Kompetitor

Posted by Smartphone Roxy Mas Senin, 28 Agustus 2023 0 komentar


 

Kelebihan Apple iPhone memang ada banyak, namun bukan berarti kekurangan iPhone tidak ada. Berikut ini kekurangan Apple  iPhone dibanding produk kompetitor:

1. Harganya Mahal

iPhone memang punya segmen khusus, yaitu kelas menengah ke atas. Hp iPhone juga tergolong kelas flagship, jadi performa dan kualitasnya sebanding dengan hp Android kelas premium. Dengan spesifikasi yang sama, Anda bisa beli hp Android dengan harga 2 atau 3 kali lebih murah.

Kualitas produk yang tinggi membuatnya layak jadi hp termahal di dunia. Apalagi spesifikasi iPhone tertinggi dan terbaru kerap dijual di atas Rp 20 juta. iPhone memberikan gengsi sendiri pada pemiliknya. Menggunakan iPhone bisa bikin penggunanya lebih percaya diri.

Harga mahal juga adalah upaya Apple untuk menjaga brand image produk agar tetap di kelas premium. Sehingga orang yang menggunakan iPhone akan merasa bangga. Selain itu, harga yang mahal membuat tidak banyak orang bisa memilikinya. Sehingga kesan eksklusif produk tetap terjaga.

2. Tampilan iOS Tidak Bisa Dikustomisasi

Tampilan antarmuka iOS tidak bisa dikustomisasi sehingga cenderung monoton. Pengguna iPhone tidak bisa bebas mengutak atik tampilan UI seperti Android. Misalnya, Anda tidak bisa membuat tampilan Home Screen kosong dari ikon menu aplikasi. Selain itu, pilihan widget juga terbatas dan tidak banyak Theme tambahan yang bisa diinstal.

Buat sebagian orang, apalagi pecinta iPhone pasti tidak mempermasalahkan kekurangan iPhone ini. Namun untuk pengguna yang terbiasa dengan Android, tampilan iPhone terasa sangat membosankan. Apalagi juga sudah terlalu lama menggunakannya.

3. Kapasitas Baterai Kecil

Kekurangan iPhone tidak mengalami banyak perubahan adalah kapasitas baterainya. Misalnya, tipe iPhone terbaru yaitu iPhone 13 Pro punya kapasitas baterai 3095 mAh, jauh lebih kecil dibanding rata-rata baterai hp Android yang sebesar 5000 mAh. Kapasitasnya tidak mengalami banyak peningkatan.

Bayangkan, iPhone 11 Pro punya kapasitas baterai 3046 mAh, tambahan kapasitasnya tidak berbeda jauh dari 2 seri sebelumnya. Kemampuan Fast Charging juga hanya 23W saja. Sementara itu, hp Android sudah dibekali fitur Fast Charging 67W.

4. Desain dan Spesifikasi Kurang Inovatif

Semenjak iPhone 11, desain dan spesifikasi iPhone cenderung stagnan. Bisa dilihat dari spesifikasi yang dimiliki iPhone 13, atau 2 seri terbaru di atas iPhone 11. Perbedaan yang mencolok dari iPhone 13 dibanding 11 hanya di bagian chipset dan ukuran poni. Sementara itu resolusi kamera, kapasitas baterai, luas layar, dan resolusinya tidak berbeda jauh.

Desain poni kecil di iPhone 13 sudah ditinggalkan hp Android sejak tahun 2018. Di sini terlihat desain muka depan iPhone keluaran 2021 sudah ketinggalan jauh dari hp Android. Tampilan belakangnya juga tidak mengalami banyak perubahan sejak iPhone 11.

Jenis port USB yang digunakan iPhone juga masih USB Lightning. Padahal iPad keluaran 2021 sudah menggunakan USB Type C. Di sisi lain, kebanyakan hp Android mulai dari harga 1 jutaan sampai belasan juta banyak yang sudah menggunakan USB Type C. Inilah yang jadi kekurangan iPhone paling besar.

5. Silahkan sebutkan yang lain nya di Kolom Komentar disini

Itulah kelebihan dan kekurangan iPhone dibanding hp Android. Kelebihan iPhone memang lebih banyak dibanding kekurangan iPhone. Namun kekurangan iPhone cukup vital. Spesifikasi dan desain yang monoton membuat banyak pengguna iPhone berpikir ulang untuk upgrade ke seri terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar